Psikologi FPK UNP mengadakan Workshop Revitalisasi dan Pengembangan Kurikulum 2024

Pada tanggal 20 April 2024, telah dilaksanakan workshop revitalisasi dan pengembangan kurikulum psikologi secara daring melalui platform Zoom Meeting. Workshop ini menghadirkan Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D Dekan Universitas Diponegoro, sebagai pemateri utama dan dipimpin oleh Kepala Departemen Psikologi, Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si. Acara ini dihadiri oleh dosen Departemen Psikologi.

Workshop ini bertujuan untuk membahas kurikulum baru yang sesuai dengan kebutuhan profesi psikologi saat ini. Beberapa poin utama yang dibahas dalam workshop meliputi : Diskusi mengenai bagaimana kurikulum harus disesuaikan dengan Undang-Undang Layanan Psikologi terbaru, untuk memastikan lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang diatur oleh undang-undang tersebut. Penentuan kompetensi dan keterampilan yang harus dimiliki oleh lulusan program studi psikologi, sehingga mereka siap untuk memasuki dunia kerja dan berkontribusi secara profesional di bidangnya.

Selain itu melalui zoommeeting ini juga dibahas terkait pengelompokan bidang-bidang spesialisasi dalam psikologi untuk memastikan kurikulum mencakup semua aspek penting dari profesi psikologi dan pembahasan tentang implementasi kebijakan MBKM dalam kurikulum psikologi, yang memungkinkan mahasiswa untuk mengambil berbagai mata kuliah di luar program studi mereka serta mendapatkan pengalaman langsung di lapangan melalui magang, proyek, mapun kegiatan MBKM lainnya.

Workshop ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan psikologi dan menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan terbaru di bidang psikologi serta kebutuhan pasar kerja. (devilusiria)

Related posts

Leave a Comment