Anggota Pramuka Peduli Payakumbuh Ikuti Pelatihan “Psychological First Aid” yang Diinisiasi oleh Tim Pengabdian Departemen Psikologi beserta LPPM UNP

Tim pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Departemen Psikologi bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNP mengadakan pelatihan “Psychological First Aid” bagi para anggota Pramuka Peduli Payakumbuh. Kegiatan yang diketuai oleh Devi Lusiria, S.Psi., M.Psi., Psikolog ini diselenggarakan pada Sabtu (20/07/2024) dan dibuka secara langsung oleh Drs. H. Rida Ananda, M.Si., selaku Sekretaris Daerah (SEKDA) Payakumbuh yang juga merupakan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Payakumbuh.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pembekalan bagi Anggota Pramuka Peduli dalam memberikan bantuan psikologis awal kepada penyintas bencana. Sebagaimana kita ketahui, bahwa anggota pramuka peduli merupakan relawan bencana yang aktif membantu dalam penangangan bencana“ ungkap Devi.

Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Ngalau Indah Kantor Walikota Payakumbuh ini diikuti oleh 44 orang anggota pramuka perwakilan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Payakumbuh. Narasumber pada kegiatan ini adalah Rahmah Rezki Elvika, M.Si., yang juga merupakan salah satu dosen Departemen Psikologi UNP. 

Materi yang dipaparkan selama pelatihan meliputi pemahaman terkait PFA itu sendiri hingga situasi bencana dan respon umum korban pada saat mengalami musibah bencana. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga membekali para peserta dengan beberapa keterampilan praktis yang nantinya bisa dipraktikkan dalam membantu para korban bencana diantaranya keterampilan mendengarkan secara aktif, teknik-teknik stabilisasi sederhana seperti square breathing, progressive muscle relaxation, safe place, dan the 54321 grounding technique.  Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terlebih lagi materi yang dibawakan dikemas dengan cukup sederhana dan dilengkapi beberapa teknik praktis (rhmhrv).

Related posts

Leave a Comment