Mewujudkan Sekolah Aman: LPPM UNP Gelar Psikoedukasi demi Melawan Bullying di SDN Nyiur Malalak Selatan

Sabtu, 03 Agustus 2024, Universitas Negeri Padang (UNP) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SDN 12 Nyiur, Malalak Selatan, dengan tema “Melangkah Bersama Melawan Bullying”.

Acara di buka oleh oleh Wirza Feny Rahayu, M. Psi., Psikolog selaku ketua kegiatan pengabdian dari tim dosen Departemen Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang “Kegiatan ini, bertujuan untuk memberikan psikoedukasi tentang perilaku bullying serta meningkatkan keterampilan sosial para siswa melalui short-course yang interaktif dan edukatif,” kata Wirza. Ia menambahkan,  kegiatan pengabdian ini juga menjadi salah satu bentuk komitmen UNP dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam aspek pengabdian kepada masyarakat.

Kemudian kegiatan dilanjutkan pemberian materi oleh narasumber yang diikuti oleh seluruh siswa serta majelis guru. Sebagai narasumber, Devi Lusiria, S. Psi., M. Psi., memberikan penjelasan mendalam dan memandu sesi-sesi pelatihan yang dirancang untuk membangun kesadaran dan keterampilan dalam menangani dan mencegah bullying di sekolah.

Kepala Sekolah SDN 12 Nyiur, Desnawati, S.Pd.I., menyambut baik program ini dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada UNP dan LPPM yang telah memilih sekolah mereka sebagai mitra dalam program pengabdian ini.

Ia juga mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi inisiatif dari kegiatan ini, karena bullying merupakan masalah yang nyata dan serius. Dengan adanya program ini, diharapkan para siswa dapat lebih memahami dampak dari perilaku bullying dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan kondusif,”

Selama kegiatan, para peserta tidak hanya mendapatkan materi secara teoritis, tetapi juga terlibat aktif dalam berbagai aktivitas yang dirancang untuk mempraktikkan keterampilan sosial dan meningkatkan empati di antara siswa. Hal ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang lebih baik dan siap menghadapi berbagai tantangan sosial di masa depan.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan para siswa SDN 12 Nyiur, Malalak Selatan, dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercipta lingkungan sekolah yang bebas dari bullying dan lebih harmonis. (hannyrufaidah)

Related posts

Leave a Comment