Gandeng SMA PGRI 4 Padang, Tim Pengabdian Universitas Negeri Padang Gelar Pelatihan Bertajuk Pengembangan Diri bagi Para Siswa SMA

Tim pengabdian Universitas Negeri Padang yang beranggotakan dua orang dosen Departemen Psikologi (Putri Sukma Deri, M.Psi., dan Izzanil Hidayati, S.Psi., M.A.), satu orang dosen Departemen PGSD (Sartono, M.Pd.), dan dua orang mahasiswa Departemen Psikologi menginisiasi kegiatan pengembangan diri bagi para siswa (Rabu, 07 Agustus 2024). Kegiatan yang bertemakan “Pelatihan Pengembangan Diri: Mempersiapkan Siswa SMA PGRI 4 Padang untuk Menghadapi Masa Depan” ini melibatkan 38 orang siswa. 

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membantu siswa mempersiapkan masa depan. “Banyak dari siswa yang kurang terdorong untuk merencanakan masa depannya, tidak mengetahui informasi yang harus dicari dan sumber informasinya. Untuk itu, diadakanlah kegiatan berupa pelatihan serta diskusi kelompok agar siswa dapat siap menghadapi masa depan setelah lulus sekolah” ujar Putri selaku ketua tim pengabdian. 

Pada kegiatan ini, seorang Psikolog yang juga merupakan dosen Departemen Psikologi Universitas Negeri Padang, Wirza Feny Rahayu, M.Psi., bertindak sebagai narasumber. Pada paparannya, Feny berfokus pada topik seputar masa depan. Ia memaparkan beberapa hal krusial yang kiranya perlu diketahui dan dipahami para siswa dalam mempersiapkan masa depan. Maka dari itu, paparan materi tidak terlepas dari hal-hal seperti mengapa penting bagi seseorang untuk mempersiapkan masa depan, mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan, ciri-ciri seseorang yang telah siap dalam mengahadapi masa depan, beserta startegi untuk merencanakan masa depan. 

Tidak hanya membekali para siswa dengan materi, kegiatan ini juga dilengkapi dengan diskusi dalam kelompok kecil. Tim pengabdian merancang kegiatan kelompok ini dengan mengajak siswa berdiskusi dalam kelompok kecil yang kemudian masing-masing kelompok akan didampingi oleh fasilitator. Para siswa diminta untuk membahas rencana masa depan mereka. Diskusi ini dimaksudkan agar para siswa dapat saling bediskusi hingga berbagi pandangan dan dukungan terkait masa depan masing-masing. 

Selain itu, pada prosesnya kegiatan ini juga mengarahkan dan mendorong para siswa untuk terus terlibat dalam proses belajar. Para siswa ini diharapkan dapat mengetahui urgensi dari keterlibatan dalam proses pembelajaran agar proses dan kegiatan belajar yang dijalani di sekolah dapat lebih efektif.Kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. “Terima kasih untuk LPPM UNP yang sudah memberikan bantuan yang bisa kami gunakan untuk mengadakan pelatihan yang bermanfaat untuk siswa SMA PGRI 4 Padang. Pihak sekolah pun menyambut dengan baik kegiatan ini, sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lancar”, ungkap Putri (rhmhrv).

Related posts

Leave a Comment