Bantu Wujudkan Keluarga Kuat dan Sehat di Era Digital, Tim Pengabdian Universitas Negeri Padang Laksanakan Pengabdian Masyarakat bagi Keluarga di Nagari Persiapan Gadut Barat, Kabupaten Agam

Didasari atas keprihatinan akan dampak negatif dari era digital, khususnya penggunaan gadget berlebihan, tim pengabdian Universitas Negeri Padang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Penguatan Keluarga dalam Era Digital: Program Keseimbangan Kehidupan Digital” di Kanagarian Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam (Minggu, 25 Agustus 2024). 

Kegiatan ini diketuai oleh salah seorang dosen Departemen Psikologi UNP yaitu Zulian Fikry, S.Psi., M.A. Fikry mengungkapkan keprihatinan akan dampak negatif era digital saat ini. “Era digital saat ini menjadi sangat memprihatinkan ketika anak-anak dibiarkan terbawa arus digital (seperti menjadi kecanduan atas gadget) dan tidak dikontrol atau diawasi aktivitas dan penggunaannya oleh orang tua”. jelas Fikry. Selanjutnya, baik Fikry maupun Candra, S.E selaku PJ Wali Nagari Persiapan Gadut Barat berharap dengan adanya kegiatan ini para keluarga dapat memahami dan menyikapi secara bijaksana dampak positif dan negatif gadget bagi anak. Selain itu, orang tua diharapkan mampu menciptakan alternatif kegiatan atau aktivitas bersama anak sebagai pengganti gadget.

Kegiatan yang diikuti oleh 16 keluarga (ibu dan anak) ini menghadirkan beberapa sub-kegiatan yang bermanfaat demi meningkatkan keseimbangan kehidupan para keluarga di era digital. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pemberian materi psikoedukasi bagi para orang tua, kegiatan bermain bersama di luar ruangan antara ibu dan anak, dan diakhiri dengan penandatanganan komitmen masing-masing keluarga.  

Pemberian materi psikoedukasi dilakukan oleh Rahmah Rezki Elvika, M.Si. yang juga merupakan dosen dari Departemen Psikologi UNP. Dalam materinya, Rahmah memaparkan terkait penggunaan gadget yang aman hingga batasan usia yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk memberikan gadget dan aksesnya pada anak. Sementara itu, aktivitas bermain di luar ruangan dipandu langsung oleh seorang psikolog yang juga merupakan dosen Departemen Psikologi UNP yaitu Gumi Langerya Rizal, M.Psi., Psikolog. Aktivitas luar ruangan ini meliputi berbagai permainan yang melibatkan motorik kasar dan halus seperti menggiring bola yang dilakukan oleh ibu dan anak, bermain engkrang, dan lainnya. Selain dapat menjadi alternatif aktivitas yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, aktivitas ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan emosional antara orang tua dan anak. Selanjutnya, pada akhir acara para orang tua diminta untuk menandatangani komitmen untuk turut serta dalam mewujudkan keluarga yang kuat di era digital. 

Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif baik dari pihak kenagarian maupun peserta. Fikry pada kesempatan ini juga mengucapkan terima kasih kepada LPPM UNP atas dukungan pendanaannya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik (rhmhrv). 

Related posts

Leave a Comment