BERPARTISIPASI DALAM PROGRAM MBKM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8, MAHASISWA DEPARTEMEN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGABDI SELAMA 4 BULAN PENUGASAN DI SEKOLAH

Baru-baru ini Departemen Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan mendapatkan kabar bahagia dengan keikutsertaan 8 orang mahasiswa pada program MBKM Kampus Merdeka (KM) Angkatan 8. Pencapaian ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Melalui pesan singkat, Dr. Suryanef, M.Si., menyampaikan ucapan selamatnya. “Selamat untuk semua mahasiswa yang lulus, Ketua Departemen Psikologi, dan seluruh keluarga besar Departemen Psikologi”, tulis Suryanef. Apresiasi juga disampaikan oleh Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si. selaku Kepala Departemen Psikologi. “Selamat buat mahasiswa yang lulus, semoga bisa mengikuti kegiatan dengan baik”, ungkap Mardianto. 

Kegiatan yang diagendakan selama 4 bulan penugasan ini (02 September – 30 Desember 2024) menempatkan mahasiswa secara berkelompok pada beberapa sekolah. Salah satu sekolah yang terkonfirmasi menjadi tempat mahasiswa Departemen Psikologi dalam melaksanakan penugasan pada program KM 8 ini yaitu SD Negeri 18 Tarok Dipo. Elvy Gustina, S.Pd., M,Pd. selaku Kepala Sekolah menyampaikan kesannya atas kegiatan KM 8 ini. “Kami sebagai pihak sekolah merasa senang dan terbantu dengan kehadiran dan kedatangan mahasiswa dari Kampus Mengajar Angkatan 8. Sekolah mengharapkan dengan adanya adik-adik mahasiswa ini dapat membantu sekolah dalam mengembangkan berbagai macam potensi yang ada di sekolah terutama pada bidang literasi dan numerasi siswa”. Senanda dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Sekolah, Suhartatik, S.Pd. selaku salah saorang guru juga merasa terbantu atas program ini. Ia berharap kegiatan ini dapat mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi, khususnya pada siswa kelas V. 

Tiara Pabela (salah satu mahasiswa Departemen Psikologi) yang menjalani program ini memaparkan sedikit gambaran kegiatan yang ia dan kelompok lakukan di sekolah. Menurut Tiara, kegiatan awal yang dilakukan pada kegiatan KM ini yaitu melakukan observasi dan AKM kelas untuk kemudian merancang program yang sesuai dengan kebutuhan sekolah selama masa penugasan 4 bulan ke depan. Adanya kesempatan menjalani program MBKM KM 8 ini menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Tiara. “Saya merasa senang bisa mengikuti KM 8 yang ditempatkan di SD Negeri 18 Tarok Dipo. Melalui kegiatan ini, saya bisa observasi dan turun ke lapangan untuk langsung melihat keadaan siswa dan sekolah. Selain itu saya berharap bisa membantu pengembangan sekolah bersama tim dan guru yang juga mendukung kegiatan yang dilakukan selama penugasan”, ungkap Tiara (rhmhrv).  

Related posts

Leave a Comment