PPK Ormawa UKBA UNP Selenggarakan Workshop Parenting Khusus Perempuan di Palembayan

Tim Program Pengembangan Kegiatan (PPK) Ormawa Unit Kegiatan Bahasa Asing (UKBA) Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan program bakti sosial bertajuk “Sikola Padusi Santiang” (SiPaSan), yang dalam bahasa Indonesia berarti “Sekolah Perempuan Pintar”. Program ini ditujukan untuk perempuan di Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, dan berfokus pada keterampilan hidup, khususnya dalam pengasuhan anak.

Workshop yang dilaksanakan pada Rabu, 14 Agustus 2024, ini bekerja sama dengan Program Keluarga Harapan (PKH) setempat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada perempuan di Nagari Tigo Koto Silungkang mengenai pola pengasuhan anak di era digital. Sesi-sesi yang ditawarkan meliputi pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan ice breaking, di mana peserta diajak untuk berbagi pengalaman dalam mengasuh anak.

Narasumber kegiatan ini didatangkan dari kampus Universitas Negeri Padang, Wirza Feny, S.Psi., M.Psi., yang merupakan dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan (UNP). Beliau memberikan materi yang sangat bermanfaat bagi para peserta. Bahan ajar yang disajikan fokus pada pengajaran pola pengasuhan anak dengan menyesuaikan dengan perkembangan dan adat istiadat masyarakat setempat saat ini.

Leony Risala Nova selaku Wakil Ketua Tim PPK Ormawa UKBA UNP, menjelaskan bahwa salah satu program SiPaSan ini digambarkan sebagai upaya nyata pemberdayaan perempuan. ” Dengan adanya program ini, saya pribadi sangat senang karena saya dapat melihat langsung banyak peserta yang bersemangat mendengarkan sekaligus berlomba-lomba dalam bertanya kepada narasumber,” ujar Leony.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Wirza Feny, S.Psi., M.Psi., seorang dosen dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang (UNP). Beliau menyampaikan materi yang sangat berharga bagi peserta, dengan fokus materi yaitu  pola pengasuhan anak yang disesuaikan dengan perkembangan serta adat istiadat masyarakat setempat.

Leony Risala Nova, Wakil Ketua Tim PPK Ormawa UKBA UNP, menjelaskan bahwa program SiPaSan merupakan bagian dari upaya konkret dalam pemberdayaan perempuan. “Saya sangat senang dengan program ini karena saya dapat melihat antusiasme peserta yang tinggi, baik dalam mendengarkan materi maupun aktif bertanya kepada narasumber,” ujar Leony.

Dengan berakhirnya workshop ini, Tim PPK Ormawa UKBA UNP berharap bahwa dampak positif dari kegiatan ini akan terus dirasakan oleh masyarakat setempat. Mereka juga berencana untuk melanjutkan inisiatif ini dan mengembangkan program-program serupa di masa depan untuk menjangkau lebih banyak perempuan di berbagai daerah.

Dengan melihat besarnya antusiasme peserta terhadap kegiatan ini, menunjukkan bahwa program SiPaSan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tim PPK Ormawa UKBA UNP berharap bahwa dampak positif dari kegiatan ini akan terus dirasakan oleh masyarakat setempat . selain itu, kami juga berharap melalui workshop ini, para ibu-ibu Nagari Tigo Koto Silungkang menjadi orang tua yang inspiratif dan membawa perubahan positif dalam keluarga masing-masing. (hannyrufaidah)

Related posts

Leave a Comment